
JAKARTA - Antusiasme terhadap gelaran otomotif tahunan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) kembali memuncak menjelang pembukaan pada 24 Juli hingga 3 Agustus 2025 di ICE BSD, Tangerang. Namun, bukan hanya deretan mobil baru yang menjadi sorotan. Kali ini, kehadiran lebih dari 120 merek industri pendukung kembali mengambil peran penting dalam memperkaya pengalaman para pengunjung.
Jika biasanya sorotan utama tertuju pada peluncuran mobil atau teknologi kendaraan listrik, tahun ini porsi eksposur terhadap pelaku industri pendukung justru makin terasa signifikan. Menempati Hall 11 dan area pre-function Hall 1 hingga Hall 10, para pemain industri pendukung tampil all out menunjukkan teknologi, inovasi, dan produk-produk unggulan mereka.
Dalam penyelenggaraan GIIAS 2025, kehadiran para produsen dari sektor ban, pelek, perlengkapan digital, kaca film, aksesori otomotif, hingga apparel, memberikan warna tersendiri yang menjadikan pameran ini lebih dari sekadar etalase kendaraan baru.
Baca Juga
“Kehadiran industri pendukung menjadi bagian tidak terpisahkan dari GIIAS 2025. Mereka membawa ragam inovasi, teknologi, dan solusi otomotif, yang melengkapi pengalaman pengunjung,” ujar Ketua III GAIKINDO sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GIIAS, Rizwan Alamsjah, dalam pernyataannya pada Senin, 21 Juli 2025.
Fokus Besar Pada Inovasi Teknologi Pendukung
Segmen ban dan pelek menjadi salah satu yang paling diminati pengunjung. Produk dari Sailun, Delium, Deli Tire, Swallow, Lenso, Rotiform, Niche, Fuel, Gio, Eibach, Bilstein, Work, Blackrhino, TEIN, ESR, Zen, Giti, hingga HSR Wheel siap dipamerkan dengan berbagai inovasi terbarunya.
Masing-masing merek membawa konsep dan performa berbeda untuk berbagai kebutuhan konsumen, mulai dari mobil harian, kendaraan niaga, hingga kendaraan performa tinggi. Inilah yang membuat GIIAS tidak sekadar menjadi ajang lihat-lihat mobil, tapi juga surga bagi mereka yang ingin melakukan modifikasi atau meningkatkan performa kendaraan.
Tak hanya itu, kehadiran pelaku industri dari sektor kaca film, aksesori digital, hingga apparel juga memberikan pengalaman lebih lengkap. Para pengunjung bisa melihat langsung bagaimana evolusi teknologi aftermarket ikut mendukung kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.
Dorongan Kolaborasi Lebih Luas
GAIKINDO tampaknya tidak ingin sekadar menjadikan GIIAS sebagai ajang pameran semata. Ada visi lebih besar untuk menggerakkan ekosistem otomotif nasional. Hal ini terlihat dari upaya mereka dalam mendorong sinergi antara pelaku industri kendaraan dan sektor pendukung.
“GAIKINDO mendorong kolaborasi lebih luas antara produsen kendaraan dan pelaku industri pendukung, agar pertumbuhan industri otomotif nasional semakin kuat serta berkelanjutan,” tambah Rizwan.
Kehadiran sektor pendukung memang terbukti memberi efek berganda bagi industri otomotif secara keseluruhan. Selain menjadi titik temu antara produsen dan konsumen, pameran ini juga memberi peluang bisnis, edukasi teknologi, hingga peningkatan standar produk lokal.
Harga Tiket dan Fasilitas
Untuk masyarakat yang ingin datang langsung ke pameran ini, tiket GIIAS 2025 bisa dibeli secara daring melalui website Auto360. Harga tiket weekday (Senin–Jumat) dibanderol Rp50.000, sementara untuk weekend (Sabtu–Minggu) harganya Rp100.000. Bagi yang memilih membeli tiket di lokasi, tersedia opsi onsite dengan harga Rp75.000 untuk weekdays dan Rp125.000 saat weekend.
Harga tiket tersebut membuka akses pengunjung ke seluruh area pameran, termasuk ke Hall yang menampilkan industri pendukung. Dengan begitu, pengalaman menyeluruh mulai dari kendaraan hingga produk pelengkap bisa dinikmati dalam satu waktu dan tempat.
Peluncuran Produk Baru Tetap Jadi Andalan
Walau porsi perhatian pada industri pendukung meningkat, tetap saja peluncuran kendaraan baru menjadi daya tarik utama. Beberapa produsen otomotif telah mengonfirmasi akan menghadirkan mobil terbaru mereka di ajang ini.
Namun, tren peluncuran mobil belakangan menunjukkan perubahan. Banyak pabrikan kini memilih merilis produk mereka menjelang GIIAS, bukan pada hari pameran. Strategi ini memungkinkan mereka untuk fokus pada strategi penjualan selama pameran berlangsung, termasuk pengumuman harga dan promosi.
Kombinasi Pengalaman dan Transaksi
Perpaduan antara inovasi industri pendukung dan kehadiran kendaraan terbaru menjadikan GIIAS 2025 sebagai ajang yang tidak hanya menarik dari sisi hiburan dan informasi, tetapi juga potensi transaksi.
Pengunjung bisa datang, melihat produk secara langsung, berkonsultasi dengan tenaga ahli dari masing-masing brand, hingga melakukan pembelian atau pemesanan secara langsung.
Itu sebabnya, GIIAS bukan hanya sekadar pameran otomotif. Ia telah berkembang menjadi pusat interaksi antara teknologi, industri, dan masyarakat pengguna otomotif. Dengan partisipasi lebih dari 120 merek industri pendukung, GIIAS 2025 kembali menegaskan dirinya sebagai salah satu event otomotif terbesar dan paling komprehensif di Indonesia.

Sindi
navigasi.co.id adalah media online yang menyajikan berita sektor energi dan umum secara lengkap, akurat, dan tepercaya.
Rekomendasi
Berita Lainnya
Terpopuler
1.
Ramen, Kuliner Jepang yang Kini Populer di Indonesia
- 22 Juli 2025
2.
Promo Diskon Camilan di Indomaret Hari Ini
- 22 Juli 2025
3.
4.
Bryan Mbeumo Resmi ke Manchester United
- 22 Juli 2025